Thursday, September 22, 2011

Jadilah Minyak Wangi

Jadilah minyak wangi. Kata-kata ini aku dapat dari mata kuliah Etika dan Bisnis Rabu, 21 September 2011 lalu. Begini kata Bapak Irfan Nursasmito, Drs., M.Si.

"Jadilah seperti minyak wangi. Jika kita pakai minyak wangi, orang lain yang mendekati kita akan merasakan wanginya atau tidak? Tentu saja iya. Bagaimana jika seorang yang sedang pilek mendekati kita, apakah akan tercium wangi kita? Pasti tidak. Kemudian jika kita berjualan minyak wangi dan ada orang yang sekedar lewat untuk melihat-lihat apakah akan mencium wanginya? Pasti tetap tercium wanginya. Begitu pula dengan sikap kita. Jika kita selalu menjadi orang yang positif, kebaikan kita akan terpancar dengan sendirinya terhadap orang lain. Teman kita pasti akan merasa senang berada di dekat kita. Sedangkan orang yang tidak mencium wanginya ini karena hidungnya mampet. Sikap positif kita tidak terlihat oleh dia bukan karena salah kita tapi dia yang menutup diri. Kemudian jika ada orang yang baru berkenalan atau hanya sekedar sering bertemu, dengan sikap kita yang selalu positif ke semua orang, mereka tetap akan merasakan aura kita dan mereka pasti juga akan senang berada di dekat kita."

Awalnya aku juga kurang mengerti dengan istilah minyak wangi, hidung mampet, dan orang lewat yang merasakan wangi parfum. Tapi ternyata setelah dijelaskan artinya sangat bermakna dan menginspirasi. Aku sangat ingin menjadi orang yang selalu berpikir positif dan berperilaku baik terhadap semua orang. Kejahatan tidak dibalas dengan kejahatan. Sulit rasanya menjadi orang seperti itu. Aku juga tidak mau munafik dengan aku yang sekarang masih sering melakukan sikap-sikap yang aku rasa mungkin kurang berkenan di hati teman-teman. Namun tidak ada salahnya juga kita terus berusaha berubah demi kebaikan meskipun disertai dengan pergolakan batin. Antara terpikir sikap mereka yang kurang berkenan di hati atau tetap bersikap baik yang tentunya juga akan berdampak positif terhadap diri kita sendiri. Semua itu proses. Dan dengan memiliki kesadaran untuk menjadi lebih baik ditambah terus melakukan peningkatan dari proses tersebut, sudah merupakan sesuatu yang patut kita banggakan.


Be positive! :>

No comments: