Thursday, March 11, 2010

Hari-hariku Seminggu yang Lalu

Minggu kemarin terasa cepat sekali. Mungkin karena saya cuma bisa tertidur di atas kasur rumah sakit. Mungkin karena saya hanya bisa menangis, meratap ingin ikut tes wawancara PBS. Mungkin karena saya melewati hari-hari Mid Test. Iya benar. Semua gue rasain untuk pertama kalinya. Jadi begini cerita seminggu penuh yang lalu.

Minggu lalu tepatnya hari Jumat malam tanggal 26 Februari, ternyata pengumuman tes tertulis PBS UGM sudah keluar. Sepertinya saya pun sempat memposting hasil ujiannya. Alhamdulillah. Kebetulan hari itu ada sesi foto buku tahunan di rumah seorang teman. Pulangnya Maghrib yang dilanjutkan makan-makan sambil kumpul keluarga di rumah. Malamnya setelah tamu-tamu pulang, ada SMS dari teman yang menginfokan bahwa hasil test sudah bisa dilihat melalui SMS. Awalnya takut buat ngeliat tapi apa boleh buat. Daripada sampe pagi nunggunya langsung aja ketik SMS di kamar Bapa' dan hasilnya alhamdulillah lolos prodi Akuntansi. Seneng rasanya bisa lolos di Akuntansi. Malam itu juga gue online sampai kira-kira jam 1 pagi. Padahal kaki rasanya udah remuk kecapean berdiri pas foto-foto. Tapi tetep maksa. Rasanya seneng diselamatin teman-teman. Walaupun masih ada 1 tahap lagi tapi bersyukur sejenak ngga apa kan? Tapi ternyata Allah belum boleh mengizinkan gue bersyukur. Paginya gue ngerasa tenggorokan sakit banget dan kering. Kaki udah ga karuan rasanya. Mungkin sakit remuk yang paling parah. Siangnya badan gue panas tinggi dan di bawa ke dokter. Sampe di sana diagnosanya radang tenggorokan. Gue pun boleh pulang dengan syarat ga boleh sekolah dulu sampe hari Selasa. Padahal Mid Test. Gue pengen banget masuk cuma mau gimana lagi. Diancem sih. Hari Selasa kalo panasnya belum turun harus ke dokter lagi untuk cek darah.

Setelah ga masuk Senin, gue ngerasa agak baikan. Datanglah teman-teman menjenguk ke rumah. Hari itu akhirnya gue ga tidur siang dan kurang istirahat. Malamnya panas lagi, Selasa pagi balik ke rumah sakit untuk cek darah. Ternyata hasilnya, positif Demam Berdarah. ya Tuhaaan. Gue detik itu juga dianjurin untuk rawat inap. Tapi yang lebih menyakitkan lagi,
Mama : "mas As'at (Dr. As'at itu masih pakdeku) gimana nanti hari Jumat bisa pulang ngga ya?"
Pakde As'at : "ngga bisa!"
Gimana ya rasanya waktu itu. Semua angan-angan, cita-cita gue terasa hancur lebur. Gue ga bisa tahan nangis lagi. Gue cuma bisa diem, bengong, dan nyeka mata berkali-kali. yang terbayang cuma "Akuntansi yang udah gue dapetin susah payah di kompetisi yang bisa dibilang cukup sulit dengan kemampuan dasar yang bisa bikin gila itu bakal gue lewatin begitu aja?" ya Allaaaah, cobaan apa ini tanyaku. (Jadi berasa cerpen) Siapa bisa bayangin rasanya?

Sampai malam itu gue masih belum ada usaha untuk sembuh. Gue cuma bisa meratap, nangis, meratap, nangis. Belum bisa nerima kenyataan kalo kemungkinan nanti ga bisa nerusin ke tahap wawancara. Sampai keesokan harinya banyak temen-temen yang jenguk dan nyemangatin. Rasanya seneng banget. Mereka bagai semangat sembuhku, harapan buatku untuk bisa ikut tahap PBS berikutnya. Mulailah gue minum segala macem minuman tradisional yang dipercaya bisa naikkin trombosit. Sudah 2 hari dan trombosit gue masih turun. Di hari kedua itu gue udah mulai dicekokin mama dengan kata pasrah. "Pasrah aja mba, ini Allah lagi nguji kita, kamu harus pasrah. pasti Allah tau yang lebih baik buat kamu, Allah pasti menjamin kamu dengan yang lebih baik" Mau nangis rasanya. Tiap merenung dengan kata pasrah, jadi dilemma berat. Beberapa jam gue bisa pasrah sepasrah-pasrahnya untuk ngelepas wawancara, tapi beberapa jam kemudian juga gue nangis untuk ngelepasin kesempatan yang cuma sekali itu. Walaupun nantinya belum pasti keterima tapi seengganya gue mau ikut tesnya dulu. ya Allah sedih banget rasanya hari-hari di rumah sakit itu. Kenapa semua serba kebetulan? Kalo dipikir-pikir itu emang bener-bener cobaan buat gue, mama, bapa' dan keluarga yang udah seneng denger gue lolos tahap pertama.

Selama tiga hari perasaan gue berkecamuk. Sampai akhirnya Allah mendengar doa gue, doa mama, doa semua yang udah ngedoain. Trombosit gue naik sampe 110ribu. Bahagia banget rasanya begitu suster masuk kamar dan bilang "ke Jogja deh nih, trombositnya udah 110". Alhamdulillah ya Rabbiii. Akhirnya aku bisa nyusul mama ke Jogja. Sabtu itu Pakde As'at juga bilang "udah ke Jogja sana, semoga sukses ya wawancaranya" Seneng bangeeeeeet! Hari itu juga tiket dibooking. Penerbangan pertama Garuda Indonesia hari Minggu pun mengantarku sampai ke tanah Jogja. Itu pertama kalinya gue naik pesawat sendirian. Bener-bener ga ditemenin siapapun. Senengnya bisa belajar mandiri. Di pesawat ketemu Dea sama papa nya. Sesampainya di Jogja yang jemput mama sama Mas Yayo. Kebetulan Mas Yayo juga anak akuntansi UGM angkatan 2008 jadi enak punya sodara di sana insyaAllah kalo keterima nanti AMIIN. Di jalan mama cerita kalo kemaren pagi ada kunci sukses gue bisa ada di sana. Mama yang udah merasa sedih ngomong ke bapa'.
Mama : "udah pa' kamu ikhlasin anaknya sekolah di Jogja"
Bapa' : "iya deh Ma' aku ikhlas Nadia sekolah di Jogja"
Dan agak siangnya datanglah kabar baik itu. Wallahualam. Soalnya bapa' kurang pengen gue kuliah jauh-jauh. Mungkin karena gue anak perempuan satu-satunya takut kalo jauh-jauh.

Pagi-paginya sempet makan gudek terus jam 9an berangkat ke Grha Sabha Pramana, UGM, Bulaksumur, Yogyakarta. Di sana ketemu temen-temen alhamdulillah sampai juga di tempat itu. Kesampean wawancara. Agak nervous tapi alhamdulillah bisa jawab pertanyaan demi pertanyaan. Hasilnya Wallahualam sabtu besok. Deg degan nunggu hasilnya.

Sekarang kerjaan gue di sekolah cuma susulan, susulan, dan susulan karena ga ikut mid test seminggu penuh. Rekor baru gue! Selamat deh. Tapi gapapa yang penting ikut wawancara PBS. Gimana hasilnya yang penting gue udah berusaha dan ikut. Sekarang tinggal pasrah.

ya Allah semoga aku bisa jadi orang yang paling rendah hati jika diterima nanti, dan semoga aku bisa menjadi orang yang paling bisa menerima jika aku tidak diterima. Berikanlah yang terbaik bagiku di hari Sabtu nanti ya Allah. Amiin.


H-2 untuk penantian terakhir, Bismillah!

No comments: