Saturday, August 28, 2010

Kehidupan Keras Jogja

Sudah genap seminggu hari ini aku tinggal sebatang kara di Jogjakarta. Kota yang udaranya dingiiin banget kalo pagi dan malam. Sedangkan kalo siang mataharinya nyengeeet banget naujubillah. Udaranya sih dingin-dingin aja sebenernya. Entah kenapa gue agak ngerasa takut kehidupan di Jogja gue gimanaa gitu. Pasalnya lika-liku yang gue tempuh dalam mendapatkan UGM sangat amat sulit. Ada-ada aja lah bahasanya. Tapi gue ga boleh parno. Kena musibah dikit langsung ngomong, "Jogjaa..." Ga boleh gitu ga boleh. Jadi selama seminggu ini, udah cukup banyak pengalaman yang gue alami. Mari kita simak.

1. Ketilang Polisi denda Rp50000,00
Mahal banget emang sialan, plat B menguras dompet, temen gue yang ketilang di perempatan gedeee aja cuma denda Rp30000,00. ya sudahlah namanya juga pengalaman

2. Pulangnya keujanan
Masih dihari yang sama. Pas setelah dari Gramedia, hujan turun. Motor gue yang dititipin dikantor polisi jadi ditinggal. Sebelumnya gue nungguin ujan reda lamaaa bener sampe 45menitan kali di sono. Pas mau masukin motor agak kedalem keujanan sampe basah banget bahunya. Akhirnya menerjang ujan dikit buat nyari taksi gara-gara 20menit kemudian ada kelas. Sial banget hari itu. Sepulang kelas ngambil motor lagi naik becak ke kantor polisi.

3. Nyasar pulang dari Shopping
Buat info, Shopping itu nama tempat buat beli buku-buku bekas/fotocopy-an. ya tau sendiri gimana mahalnya buku anak kuliahan. Kalo beli yang asli bisa sampe 500ribu ke atas. Jadi kami anak kos khususnya dituntut untuk irit-rit. Letak Shopping itu Malioboro ke sanaan lagi. Kantor Pos belok kiri. Ga jauh dari situ deh. Berangkatnya gue yang bawa ngeboncengin temen. Sumpah itu bawa kendaraan paling ga nyaman seumur hidup. Sepanjang jalan deg-degan minta ampun. Takut aja salah jalan gara-gara ketinggalan konvoi. Gue juga belom terbiasa buat ngeboncengin orang. Naik mobil aja ga sedeg-degan itu. Begitu sampe Shopping butuh beberapa menit untuk menenangkan detak jantung. Pulangnya gue ga kuat kalo harus deg-degan lagi sepanjang jalan. Untungnya temen gue udah handal. Dialah yang kemudian ngeboncengin. Temen gue yang beda motor nekat muter balik di lampu merah. Akhirnya dia kena tilang dan gue nyasar. Jauuh bener. Untung berdua kalo sendiri udah nangis kali. Pas nanya tukang becak malah diginiin.

Gue: misi Pak mau tanya, kalo mau ke UGM lewat mana ya?
Tukang Becak : wah itu jauh banget mba dari sini

Bapak itu malah bikin gue tambah sedih. Mana plang jalan tulisannya kiri ke Solo lagi. Sedh.

Gue : jauh ya Pak? ini arahnya kemana?
Tukang Becak : ini mba ke kanan, lurus ntar agak kiri belok kanan, dari sana ke timur terus nemu tugu ke utara

Hmmppffhhhttt iya mulai keringet dingin ga ngerti arah mata angin. Liatin aja tangan bapaknya kemana deh. Minta diulang sampe dua kali gara-gara bener-bener harus merhatiin. Mana jutek lagi bapaknya. Untungnya sampe juga kami berdua. Temen gue yang ketilang malah belom balik. Alhamdulillah aja deh. Sejak itu tapi agak syok kalo denger diajak ke Malioboro ya...

4. Facial mahal dan besoknya kelayaban naik motor
yang ini bisa ga usah diitung kesialan kali ya tapi mahal banget facialnya, 150ribu! Mahal lah apalagi buat anak kosan. Berasa tajir tapi ya udahlah namanya juga pengalaman (lagi). Besoknya ada info mendadak dari kakak pemandu makrab buat ngumpul di depan perpus. Apa mau dikata. Tuntutan kehidupan deh mesti pergi naik motor ga punya penutup muka. Pas sampe sana ternyata udah pada bubar gara-gara temen gue ngewall bilang jam 10 ternyata di SMS bilang setengah 10. yasudlah cuma bayar ceban buat SOTR langsung balik. Ga mau lah cape-cape naik motor cuma gitu aja. Sekalian aja gue keliling nyari Alfamart buat belanja jajanan sama materai 6000 buat keperluan Asrama. Setelah itu baru pulang.

5. Naik motor malem-malem menggigil
Bener-bener emang udara Jogja kalo malem sama pagi. Dinginnya ga ketulungan. Apalagi airnya. Ga pagi ga siang ga sore ga malem selalu menggigil kalo lagi mandi. Waktu itu lagi nyari rumah makan buat buka sama Eno, temen seasrama. Apa yang gue rasakan? Menggigil parah selama dijalan. Gigi sampe gemelutuk, duduk ga nyaman, tangan megang stang gemeteran. Parah parah parah itu. Sekarang gue tau kenapa ian dan cowo-cowo lain butuh vest tiap naik motor. Gue tau sih dingin tapi ga gitu gitu juga kali ya. Sejak itu gue agak segen keluar malem-malem buat cari makanan.

Kelihatannya sekian. Padahal kayaknya banyak hal-hal keras dalam kehidupan Jogja ku. ya tapi dari semua itu gue seneng udah lumayan punya temen yang baik dan mau saling membantu. Alhamdulillah. Semoga betah di Jogja. Masih ada empat tahun loh. Semangat!


Jogja pleasee be nicer

2 comments:

Stevanie said...

Malam kak, saya ada minat mau nglanjutin kuliah di UGM juga kak.
mau tanya, kehidupan di jogja sm tempat asal kakak beda jauh ngak? teerima kasih kak.

RightDeve said...

Ya elah... gitu aja kok dibilang "kerasnya hidup di Jogja".. ampun deh, emang anak2 FEB kebanyakan anak mami kali yah.. parkirnya aja bejibun mobil semua. Ini nih yang bikin jalanan jogja jadi nyendet: KEBANYAKAN MOBIL ANAK MANJA!